Senin, 21 Oktober 2013

illusion of knowledge

hallooooooooo semuuuuaaaaaaaaa \(^_^)/ sudah lama ya aku tidak menyapa kalian, karena kesibukan yang tak kunjung berakhir blogku ini malah jadi ajang curhat  -________________- oh sungguh useless sekali tuhan (semoga tuhan memaafkanku)

hari ini malam hari ini tepatnya saya akan sedikit menjelaskan tentang "illusion of knowledge" dimana IoK (singkatannya dari Illusion of Knowledge) adalah sebuah ilusi yang diciptakan otak untuk membuat kita merasa mengerti dan paham. Nah untuk mengerti bagaimana cara kerjanya silahkan dibaca ya postinganku sampai selesai, terimakasih ^_^

bagaimana saya bisa mengerti metode dari IoK? ini berawal dari tadi pagi (karena saya bangun kepagian) saya membuka channel National Geography dan melihat sebuah acara, Brain Games nama acaranya. nah dan diacara itulah dijelaskan tentang IoK. Bagaimana otak manusia memiliki sistem/cara untuk membuat manusia (diri sendiri) merasa paham akan sesuatu. Kenapa otak berbuat seperti itu?

pernahkah anda merasa takut saat baru bertemu orang asing atau merasa takut saat berada ditempat yang tidak anda kenal? jawabannya pasti pernah bukan. terus apa hubungannya rasa takut dengan IoK? taukah anda bahwa rasa takut itu muncul karena kesadaran anda menyadari bahwa anda kekurangan informasi untuk obyek yang menyebabkan rasa takut itu muncul, rasa takut pada hantu contohnya. Jadi kesimpulannya rasa takut itu muncul karena ketidaktahuan atau kekurangan informasi sama halnya seperti kalian yang takut menghadapi ujian  karena malam tidak belajar (kecuali kalian genius ber IQ 200). Kalau begitu harusnya manusia itu takut akan semua hal? karena informasi yang bisa ditangkap hingga disimpan manusia itu terbatas jumlahnya. Nah disitulah otak kita memainkan perannya, untuk membuat manusia tidak lagi merasa takut, cemas dan khawatir otak memberikan kita IoK yang membuat kita merasa tau dan paham akan sesuatu dengan cara menghilangkan sebagian informasi atau menambahkan informasi yang seharsnya tidak ada ataupun ada. untuk membuktikannya mari kita lihat gambar dibawah ini dan ikuti intruksinya (supaya cepat paham tolong jangan dibaca dulu jawabannya)
g
 Soal :
diatas ada 4 gambar sepeda bukan, menurut anda mana gambar sepeda yang benar  dan bisa digunakan di kehidupan nyata (urutannya nomer 1 yang kiri atas, nomer 2 kanan atas, nomer 3 kiri bawah, nomer 4 kanan bawah).

Jawaban:
kalau anda menjawab nomer 4 berarti anda harus memikirkan cara untuk mengendarai sepeda anda tanpa memedalnya karena di sepeda nomer 4 tidak ada tempat untuk menaruh pedal.

kalau anda menjawab nomer 3 berarti anda harus memikirkan jalur yang akan anda lalui karena sepeda nomer 3 itu terbalik antara bagian depan dan belakangnya jadi sepeda nomer 3 tidak akan bisa berbelok.

kalau anda menjawab nomer 2 berarti anda hanya bisa memajang sepeda anda dirumah karena sepeda nomer 2 tidak mungkin bisa dipedal ataupun berbelok karena rangkanya yang simetris sama pada setiap sisinya

kalau anda menjawab nomer 1 berarti anda berhak untuk mengendarai sepeda anda karena ternyata anda peduli dan ingat akan bentuk sepeda yang sering anda gunakan.

kalau masih tidak percaya bahwa gambar nomer 1 adalah benar, gambar dibawah ini adalah buktinya
 
Gambar Sepeda Asli



bagaimana sekarang kalian percaya bukan bahwa otak anda selalu memberikan anda pengertian bahwa anda sudah mengerti akan sesuatu untuk menghilangkan rasa ragu dan cemas di perasaan anda. yang terpenting disini bukan untuk memberitahu anda bahwa sebenarnya saya lebih pintar dan lebih banyak tau daripada anda, tapi untuk memberitahu bahwa semakin anda merasa yakin dan tau dengan sesuatu yang sebenarnya belum pernah anda buktikan dan rasakan sendiri itulah IoK yang diciptakan otak anda. Maka dari itu penting adanya kita mengetahui fakta fakta yang ada dari sumber penelitian yang valid bukannya hanya dari kabar angin "yang katanya . . ." minimal kita sudah merasakan dan membuktikan sendiri tentang kebenaran yang sudah kita yakini supaya bisa lepas dari IoK.

Bersikapalah rendah hati walaupun anda sudah mengetahui seluruh kebenaran di dunia ini, karena kebenaran hari ini belum tentu akan menjadi kebenaran untuk hari esok. 

Terimaksih telah membaca postinganku  ^_^










2 komentar: