Rabu, 28 Agustus 2013

experience not for sale

selamat siang semuanya  \(^o^)/ hari ini saya akan menjelaskan bagaimana cerita bergambar yang saya baca (manga) bisa membantu saya disaat saya kesusahan

Bab I
awalnya saya mulai membaca manga saat masih SD kelas 4 kalau gak 5. kesukaan saya membaca manga meniru dari hobi kakak laki laki ku yang juga suka membaca manga. kalau dihitung hitung sudah hampir 10 tahun saya menjadi manga reader. banyak manga yang sudah aku baca dari all genre karena suka membaca manga aku jadi lebih jago menulis dan membaca (menurutku sih). banyak manga yang menceritakan tentang science fiction atau fantasi tapi tidak sedikit yang berisi ilmu pengetahuan dari dunia nyata seperti percintaan, politik ekonomi, hukum dan banyak hal lainnya. menurutku manga tidak jauh berbeda dengan buku pegangan kita disekolah yang membedakannya manga lebih berisi pengetahuan umum yang tidak sembarangan (nanti akan dibahas di bab 2) dan gambar yang membuat isi di dalam manga menjadi lebih mudah diingat karena lebih menarik dari pada buku pegangan disekolah.

Bab II
lalu pada suatu hari aku menemukan ada manga yang menceritakan tentang bagaimana seorang mangaka (penulis manga) berjuang dari nol  untuk membuat manganya diangkat menjadi Anime (film kartun versi jepang). disitu dijelaskan tentang bagaimana cara menggambar manga, proses pembuatannya, bagaimana persaingan dengan mangaka lainnya, persaingan para editor untuk menyeleksi manga yang terbaik untuk diiterbitkan. di manga itu juga diceritakan bagaimana sebuah perusahan penerbitan majalah shonen jump magazine (majalah yang khusus memuat komik) menjadi majalah nomer 1 di jepang dan bahkan go international. gelar nomer 1 yang diraih shonen jump tidak semata mata karena semua orang di jepang mencintai manga tapi karena shonen jump tau bagaimana cara memikat selera konsumen di setiap kalangan umur mulai dari anak anak sampai kakek kakek. dari situlah aku mulai mengerti kalau membuat manga bukan hal sepele dan butuh kerja keras yang bersimbah darah (agak lebe dikit gpp kan :p ). karena tidak setiap konsumen suka dengan cerita fantasi. ada yang suka dengan cerita yang mengikat logika ada yang suka dengan cerita sejarah dan ada juga yang suka dengan cerita yang bisa menambah pengetahuan. pengetahuan tentang lawan jenis misalnya.

Bab III
mulai dari situ aku mulai mengelompokkan manga yang aku baca menjadi 2 kategori besar yang nantinya akan dibagi lagi menjadi beberapa genre. yang pertama adalah manga karangan mangaka laki laki dan yang kedua adalah mangaka karangan wanita. mangaka karangan laki laki membuat manga dengan sudut pandang laki laki sedangkan mangaka wanita membuat manga dengan sudut pandang wanita. biasanya para mangaka membuat manga berdasarkan pengalaman pribadinya dan materi yang telah dikumpulkannya walaupun banyak mangaka profesional yang bisa membuat mangaka hanya dengan fantasinya. itu adalah sebuah pengecualian. dengan mengetahui hal itu lebih mudah buatku untuk menangkap maksud dari mangaka tersebut dan mengetahui pola pikir dari 2 gender manusia tersebut. hal itu memudahkanku untuk lebih memahami manusia. contoh nya wanita lebih cenderung suka dengan lebih dari satu orang pria apalagi pria yang lebih tua darinya atau yang lebih populer. sedangkan pria lebih cenderung rela berkorban demi sahabatnya dan ingin diakui oleh orang orang disekitarnya. kenapa aku mengambil contoh 2 hal tersebut? karena jika diberi perbandingan 8 dari 10 manga selalu memuat cerita yang sifat dan karakter tokohnya sama seperti yang aku tuliskan diatas. walaupun tidak semuanya seperti itu tapi dengan membaca manga bisa membuatku lebih paham dengan apa itu sebenarnya mahluk yang disebut manusia.

Bab IV
untuk kalian yang tidak begitu suka membaca buku untuk mengisi waktu senggang sekali kali membaca manga bukan merupakan hal yang buruk kok untuk dicoba. untuk awalnya bacalah manga yang ringan seperti doraemon dan shincan. untuk kalian yang suka membaca novel sudah banyak juga kok novel novel yang kisahnya diangkat dan dijadikan manga seperti sherlock holmes dan arsene lupin. untuk kalian para remaja yang masih jomblo membaca manga percintaan bisa menjadi jalan keluar untuk masalahmu. Indonesia yang sekarang sangat membutuhkan budaya membaca karena dari membacalah pengetahuan kita bisa bertambah. memang benar pengetahuan bisa didapat dari pengalaman kita sehari hari tapi  karena umur manusia terbatas pengalaman yang bisa didapatkanpun juga terbatas. dengan membaca kita bisa berusaha untuk melewati keterbatasan itu.



Manga apa yang sudah kamu baca?

  .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar