Jumat, 05 Juli 2013

Psikologi Faal

ini adalah rangkuman tugas psikologi faal moga-moga bisa bermanfaat ^_^



Bagaimana menurut anda?

1.      Definisi psikologi faal

2.      Apakah perilaku fisiologis dan psikologis manusia berkaitan atau terpisah?

3.      Apakah perilaku dipengaruhi nature (diwariskan) atau nurture (dipelajari) ?


Jawaban

1.      Psikologi faal adalah ilmu yang mempelajari fungsi dan kerja alat tubuh manusia yang berhubungan dengan perilaku manusia dan proses mental

2.      Berkaitan contoh saat manusia mencium aroma makanan yang sedap otomatis intensitas air liur dalam mulut akan bertambah

3.      Perilaku manusia dipengaruhi oleh nature dan nurture contoh seorang anak akan meniru apa yang biasa orang tuanya lakukan seperti pemarah tapi kalau lingkungannya mengajarkan dia untuk menahan emosinya suatu saat kebiasaan pemarahnya itu pasti bisa berubah

    
      Diskusi

        Jelaskan bagaimana sistem kerja saraf kita mulai dari rangsang sampai terjadi suatu tanggapan

2.       Apakah bisa dengan rangsang yang sama terjadi tanggapan yang berbeda beda

3.      Bedakan antara serabut motorik dan sensorik

      Jawaban

1.      Rangsang  Reseptor → neuron afferent → sistim syaraf pusat →neuron efferent→efektor

2.      Bisa,contoh  Rangsang (panas suhu rendah)   Reseptor (kulit) → neuron afferent → sistim syaraf pusat →neuron efferent→efektor (normal)

    Dengan rangsang yang sama Rangsang (panas suhu tinggi)   Reseptor (kulit) → neuron afferent → sistim syaraf pusat →neuron efferent→efektor (reflek)

Jadi kesimpulannya bisa menggunakan rangsang yang sama terjadi tanggapan yang berbeda beda tapi harus tergantung dengan intensitasnya

3.      Serabut motorik berfungsi untuk mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar yang hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan. Badan sel saraf motor berada di sistem saraf pusat. Dendritnya sangat pendek berhubungan dengan akson saraf asosiasi, sedangkan aksonnya dapat sangat panjang.

Serabut sensorik berfungsi untuk menghantar impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) dan sumsum belakang (medula spinalis). Ujung akson dari saraf sensori berhubungan dengan saraf asosiasi (intermediet). 

Jelaskan pengertian tentang

1.      Serotonin

2.      Asetilkolin

3.      GABA

Jawaban

1.      Serotonin (5-hydroxytryptamine, atau 5-HT) adalah suatu neurotransmitte rmonoamino yang disintesiskan dalam neuron-neuron serotonergis dalam sistem saraf pusat (CNS) dan sel-sel enterochromaffin dalam saluran pencernaan.
Pada system saraf pusat serotonin memiliki peranan penting sebagai neurotransmitter yang berperan pada proses marah, agresif, temperature tubuh, mood, tidur, human sexuality, selera makan, dan metabolisme, serta rangsang muntah.
Serotonin memiliki aktivitas yang luas pada otak dan variasi genetic pada reseptor serotonin dan transporter serotonin, yang juga memiliki kemampuan untuk reuptake yang jika terganggu akan memiliki dampak pada kelainan neurologist.
Obat-obatan yang mempengaruhi jalur dari pembentukan serotonin biasanya digunakan sebagai terapi pada banyak gangguan psikiatri, selain itu serotonin juga merupakan salah satu dari pusat penelitian pengaruh genetic pada perubahan genetic psikiatri.
Pada beberapa studi yang telah dilakukan dapat dibuktikan bahwa pada beberapa orang dengan gangguan cemas memiliki serotonin transporter yang tidak normal dan efek dari perubahan ini adalah adanya peluang terjadinya depresi jauh lebih besar dibanding orang normal.Dari peneltian terbaru juga didapatkan bahwa serotonin bersama-sama dengan asetilkolin dan norepinefrin akan bertindak sebagai neurotransmitter yang dilepaskan pada ujung-ujung saraf enteric. Kebanyakan nuclei rafe akan mensekresi serotonin yang membantu dalam pengaturan tidur normal. Serotonin juga merupakan salah satu dari beberapa bahan aktif yang akan mengaktifkan proses peradangan, yang akan dimulai dengan vasodilatasi pembuluh darah lokal sampai pada tahap pembengkakan sel jaringan, selain itu serotonin juga memiliki kendali pada aliran darah, kontraksi otot polos, rangsang nyeri, system analgesic, dan peristaltic usus halus.

2.      asetilkolin merupakan substansi transmitter yang disintesis diujung presinap dari koenzim asetil A dan kolin dengan menggunakan enzim kolin asetiltransferase. Kemudian substansi ini dibawa ke dalam gelembung spesifiknya. Ketika kemudian gelembung melepaskan asetilkolin ke dalam celah sinap, asetilkolin dengan cepat memecah kembali asetat dan kolin dengan bantuan enzim kolinesterase, yang berikatan dengan retikulum proteoglikan dan mengisi ruang celah sinap. Kemudian gelembung mengalami daur ulang dan kolin juga secara aktif dibawa kembali ke dalam ujung sinap untuk digunakan kembali bagi keperluan sintesis asetilkolin baru.

3.      Gama Aminobutyric acid (GABA) adalah neurotransmiter inhibisi utama pada sistem saraf pusat. GABA berperan penting dalam mengatur exitability neuron melalui sistem saraf. Pada manusia, GABA juga bertanggung jawab langsung pada pengaturan tonus otot.
GABA dibentuk dari dekarboksilasi glutamat yang dikatalis oleh glutamate decarboxylase (GAD).GAD umumnya terdapat dalam akhiran saraf. Aktivitas GAD membutuhkan pyridoxal phosphate (PLP) sebagai kofaktor. PLP dibentuk dari vitamin B6 (pyridoxine, pyridoxal, and pyridoxamine) dengan bantuan pyridoxal kinase. Pyridoxal kinase sendiri membutuhkan zinc untuk aktivasi. Kekurangan pyridoxal kinase atau zinc dapat menyebabkan kejang, seperti pada pasien preeklamsi.Reseptor GABA dibagi dalam dua jenis: GABAA dan GABAB. Reseptor GABAA membuka saluran florida dan diantagonis oleh pikrotoksin dan bikukulin, yang keduanya dapat mnimbulkan konvulsi umum.
Reseptor GABAB yang secara selektif dapat diaktifkan oleh obat anti spastik baklofen, tergabung dalam saluran kalium dalam membran pascasinaps. Pada sebagian besar daerah otak IPSP terdiri atas komponen lambat dan cepat. Bukti-bukti menunjukkan bahwa GABA adalah transmiter penghambat yang memperantarai kedua componen tersebut. IPSP cepat dihambat oleh antagonis GABAA, sedangkan IPSP lambat oleh antagonis GABAB. Penelitian imunohistokimia menunjukkan bahwa sebagian besar dari saraf sirkuit local mensintesis GABA. Satu kelompok khusus saraf dari sirkuit local terdapat di tanduk dorsal sumsum tulang belakang juga menghasilkan GABA. Saraf-saraf ini membentuk sinaps aksoaksonik dengan terminal saraf sensoris primer dan bekerja untuk inhibisi presinaps.
Pada vertebrata, GABA berperan dalam inhibisi sinaps pada otak melalui pengikatan terhadap reseptor spesifik transmembran dalammembran plasma pada proses pre dan post sinaps. Pengikatan ini menyebabkan terbukanya saluran ion sehingga ion klorida yang bermuatan negatif masuk kedalam sel dan ion kalium yang bermuatan positif keluar dari sel. Akibatnya terjadi perubahan potensial transmembran, yang biasanya menyebabkan hiperpolarisasi. Reseptor GABAA merupakan reseptor inotropik yang merupakan saluran ion itu sendiri, sedangkan Reseptor GABAB merupakan reseptor metabotropik yang membuka saluran ion melalui perantara G protein (G protein-coupled reseptor) Neuron-neuron yang menghasilkanyang menghasilkan GABA disebut neuron GABAergic. Sel medium spiny merupakan salahsatu contoh sel GABAergic


Tugas

1.      Carilah kelainan psikis yang dapat menyebabkan kelainan pada mata


Jawaban:

1.      Beberapa kelainan psikis yang dapat menyebabkan kelainan pada mata, diantaranya

- Penglihatan Buta mendadak, sering terjadi pada gadis yang dipaksa untuk
menikah.
- Penglihatan sentral mata menghilang luas, sering terjadi pada usia dewasa
muda.
- Mata sering berkedip kedip, terutama pada anak anak.


Kelainan psikis yang menyebabkan kelainan mata, biasanya karena rasa cemas atau rasa takut terhadap masalah yang dihadapi.
Penderita tidak dapat mengatasi kelaian psikis tersebut. Kelaianan psikis yang timbul harus diselesaikan sesuai dengan kepribadian penderita dalam menangani masalah. Untuk mendapatkan informasi penyebab dan penyelesaian masalah secara psikis yang timbul pada penderita. Perlu dailkukan kansultasi Dokter Spesialis Penyakit Jiwa ( Psikiater).


Penglihatan Buta mendadak - MALINGERING.
Penglihatan Buta mendadak, kelainan ini sering terjadi pada gadis yang dipaksa untuk menikah, akibat efek menolak.

Penderita biasanya datang berbondong bondong beserta keluaganya. Penderita dipapah karena sama sekali tidak melihat. Pada Pemeriksaan mata penderita biasanya menolak menjawab apa yang ditanyakan pemeriksa. Mata pasien terpaku, tidak dapat melihat.
Dokter pemeriksa dengan berbagai cara Pemeriksaan test Malingering, bahwa penderita sebenarnya tidak terdapat kelainan struktur anatomis dan fungsi mata. Pura pura BUTA, merupakan reaksi penolakan sebagai kelainan psikis.

Berpura-pura sakit adalah istilah medis yang mengacu pada keadaan melebih-lebihkan gejala gangguan mental atau fisik untuk berbagai motif "keuntungan sekunder", yang mungkin termasuk kompensasi dikaitkan dengan penipuan, misalnya; menghindari sekolah, kerja atau dinas militer; mendapatkan obat ; mendapatkan hukuman pidana ringan, atau hanya untuk menarik perhatian atau simpati.


Penglihatan sentral mata menghilang luas- CSR ( Central Serous Retinopati), sering terjadi pada usia dewasa muda.

Penglihatan sentral mata menghilang luas, sering terjadi pada usia dewasa muda. Mata Penderita yang mengalami kelainan bila disarankan untuk melihat wajah pemeriksa di depannya, maka penglihatan di daerah pusat penglihatan akan tampak hitam, hidung pemeriksa tidak tampak. Luasnya tergantung berat ringannya kelainan.

Pada pemeriksan menggunakan alat oftalmoskop, kelainan ini disebabkan terjadinya pembengkakan / odem pada Bintik kuning – Makula Lutea pada Retina. Akibatnya mengalami kelainan ketajaman penglihatan, terjadi Buta warna, sering menimbulkan keluhan sakit kepala, karena mata tidak dapat berfiksasi, tidak dapat menyatukan kesan penglihatan dari ke dua mata.

Penyebab kelainan ini sebenarnya belum diketahui, namun beberapa praktisi menyebutkan kelainan ini disebabkan psikis.
Kalainan ini dapat sembuh total atau bergejala sisa. Waktu penyembuhan dapat cepat dalam beberapa hari atau beberapa bulan.

Mata sering berkedip kedip - TIC , terutama pada anak anak.
Mata sering berkedip kedip, sering diidentikkan dengan manifestasi kelainan kebiasan gigit jari, ngompol, terutama pada anak anak. Sampai sekarang masih dianut sebagai penyebabnya adalah gangguan psikologis.

Anak-anak Anda yang mengalami kedip-kedip terus menerus. Penyakit ini umumnya muncul pada anak berusia 5- 7tahun. Digolongkan sebagai penyakit yang namanya tic. Penyakit ini belum diketahui penyebabnya. tampak sebagai gangguan syaraf.

Definisikan Gangguan Tic tampak sebagai kelainan motorik dengan waktu kelainan yang beragam : tiba-tiba, cepat, nonritmik, gerakan tak terkendali. Penderita juga sadar atas gejalanya yang muncul, tetapi itidak dapat menghentikannya.

Penderita tic, umumnya melakukan kedip-kedip mata juga disertai hiperaktif . Semakin diperingatkan / dilarang oleh orang tuanya, tampak gejala semaki hebat.
Bahkan jika berusaha dihentikan, terkadang gerakannya menjadi lebih hebat.

Pengobatan gangguan tic ini walaupun biasanya tidak diperlukan, namun dengan mengatasi kelainan psikologis anak akan teratasi labih cepat.


  Tugas

1.      Carilah kelainan psikis yang dapat menyebabkan kelainan pada indera pembau



jawaban

1.      Parosmia adalah gangguan penciuman bilamana tercium bau yang tidak sesuai misalnya minyak kayu putih tercium sebagai bau bawang goreng. Jika parosmia dicirikan oleh modalitas olfaktorik yang tidak menyenangkan atau yang memuakan seperti bacin , pesing dsb, maka digunakan istilah lain yaitu kakosmia. Baik dalam hal parosmia maupun kakosmia adanya perangsangan olfaktorik merupakan suatu kenyataan, hanya pengenalan nya saja tidak sesuai, tetapi bila tercium suatu modalitas olfaktorik tanpa adanya perangsangan maka kesadaran akan suatu jenis bau ini adalah halusinasi, yaitu halusinasi olfaktorik.

2.      Kakosmia adalah persepsi bau busuk atau bau ketika tidak ada. Dalam kebanyakan kasus kondisi hasil dari faktor psikologis, seperti dalam halusinasi penciuman yang terjadi selama psikosis tertentu, meskipun mungkin disebabkan oleh lesi otak. Juga dieja kakosmia.



Tugas

1.      carilah gangguan pada manusia yang disebabkan oleh hormon tiroid

2.      carilah gangguan pada pertumbuhan manusia yang disebabkan kelainan system endokrin

3.      carilah gangguan pada hipofise  posterior yang disebabkan oleh kelainan psikis

jawab

1.      Hormon tiroid berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel tubuh. Tapi ada kalanya jumlah hormon ini tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Produksi hormon yang tidak seimbang ini bisa diakibatkan oleh kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) atau kekurangan hormon tiroid (hipotiroid). Gangguan hormonal ini bisa terjadi seumur hidup, meski pada saat-saat tertentu kadar hormonnya bisa kembali normal tapi tidak ada yang tahu penyebab gangguan hormon tersebut muncul kembali.
Hipotiroid (Kekurangan hormon tiroid)
§ Kelelahan
§ Tidaktoleransi terhadap udara dingin
§ Kulit serta rambut yang kering dan kasar
§ Tingkat kolesterol meningkat
§ Denyut jantung dan konsentrasi menurun
§ Rasa sakit atau nyeri yang samar-samar
§ Kenaikan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya
§ Sembelit
§ Otot kram
§ Sering mengalami keguguran
§ Gangguan menstruasi seperti menjadi lebih sering

Hipertiroid (Kelebihan hormon tiroid)
§ Memiliki keringat berlebih
§ Mengalami penurunan berat badan meski nafsu makannya normal
§ Gemetar
§ Gelisah, mudah panik dan lekas marah
§ Tidaktoleransi terhadap udara panas
§ Mudah lelah
§ Konsentrasi berkurang
§ Mata melotot (seperti mau keluar)
§ Menstruasi yang tidak teratur atau terlalu sedikit
§ Detak jantung yang tidak beraturan atau lebih cepat
§ Kelemahan otot yang terjadi di lengan atas dan paha
§ Insomnia

2.      HIPERPITUTARIA
§  Kelebihan produksi hormon di lobus anterior glandula pituitaria → manifestasi pada tulang berbeda, tergantung kematangan pertumbuhan rangka dan jenis sel abnormal pada glandula pituitaria
  • Adenoma sel eosinofil pada masa pertumbuhan → Gigantisme (pada anak), jika pertumbuhan tulang telah berhenti → Akromegali (pada dewasa)
  • Adenoma sel basofil → Sindrom Cushing, pada semua umur

§  GIGANTISME
  • Dalam masa pertumbuhan anak
  • Kelebihan hormon yang dihasilkan oleh sel eosinofil → merangsang pertumbuhan tulang → tumbuh luar biasa → tinggi berlebihan
  • Keadaan ini seringkali disertai pertumbuhan kelamin yang terbelakang

§  AKROMEGALI
  • Terjadi pada masa dewasa
  • Kelebihan hormon → tidak dapat merangsang pertumbuhan panjang tulang lagi (epifisis tulang telah habis), tetapi merangsang pertumbuhan tulang melebar → akibat rangsangan proses penulangan intramembran oleh periosteum

§  Gambaran Klinik:
  • Rahang membesar
  • Hidung dan dahi menonjol
  • Tulang tangan dan kaki membesar
  • Jika terjadi pada vertebra dapat terjadi kifosis

§  HIPOPITUITARISME
  • Kelainan akibat kekurangan hormon pertumbuhan
  • Penyakitnya disebut: Dwarfisme (cebol)
  • Ciri: perkembangan badan seperti anak-anak, tidak pernah mengalami pubertas

§  SINDROMA CHUSING
  • Akibat kelebihan hormon yang dihasilkan oleh sel basofil adenohipofise
  • Gejala klinik:
  • Osteoporosis
  • Obesitas dengan “Moon Face”
  • Pertumbuhan rambut berlebihan
  • Hipertensi
  • Komplikasi: patologik fraktur akibat osteoporosis

3.      Hormon yang dilepas oleh hipofisis posterior sebenarnya disintesis di hipotalamus. Mereka bermigrasi sepanjang serabut saraf ke hipofisis posterior, dan disimpan sampai dirangsang akan dilepaskan ke dalam sirkulasi umum.

Oksitosin

Oksitosin bertanggung jawab untuk kontraksi rahim, baik sebelum dan setelah melahirkan. Lapisan otot rahim (miometrium) menjadi lebih sensitif terhadap oxytocin jangka dekat. Menjelang akhir kehamilan panjang, tingkat penurunan progesteron, dan kontraksi yang sebelumnya ditekan oleh progesteron mulai lebih sering dan lebih kuat. Perubahan rasio oksitosin / progesteron diyakini menjadi salah satu penggagas kerja.

Oksitosin bertanggung jawab atas kontraksi yang membawa pengiriman, dengan penipisan dan dilatasi serviks, dan menerapkan tekanan yang membantu bayi turun di panggul. Hal ini juga penting setelah melahirkan, karena terus menyebabkan miometrium untuk berkontraksi. Ini membantu kontraksi menyempitkan pembuluh darah yang mengirimkan darah ke rahim pada saat melahirkan pada tingkat satu liter per menit!

Oksitosin juga bertanggung jawab untuk ejeksi susu selama menyusui, oleh kontraksi sel-sel mioepitel dalam kelenjar susu menyusui. The "kram" rahim yang sering terjadi dengan menyusui merupakan sinyal bahwa oksitosin masih menyebabkan rahim berkontraksi setelah melahirkan. Kontraksi ini membantu otot rahim untuk terus menyempitkan pembuluh darah rahim, dan membawa penurunan jumlah perdarahan vagina setelah melahirkan.

Hormon antidiuretik (ADH)

Fungsi ADH adalah untuk menghambat atau mencegah pembentukan urin. Osmoreseptor memantau konsentrasi zat terlarut dalam darah. Selama kehamilan osmoreseptor adalah "reset" untuk berurusan dengan peningkatan volume darah dari kehamilan. Jika osmoreseptor mengirim pesan rangsang untuk "mengeluarkan neuron ADH," urin sedikit diproduksi, meninggalkan lebih banyak volume dalam sirkulasi darah.

Tindakan hormon dari hipofisis posterior sangat penting untuk dipertimbangkan pada wanita hamil yang beresiko untuk persalinan prematur. Dehidrasi ibu dapat memicu sekresi ADH oleh hipofisis posterior. Diperkirakan bahwa oksitosin juga dapat dilepaskan pada saat yang sama, membawa tentang kontraksi rahim sebelum waktu yang optimal. Ini kontraksi rahim, atau rahim "lekas marah" (intensitas rendah, kontraksi frekuensi tinggi) dari persalinan prematur sering diperlakukan dengan hidrasi ibu. Perempuan pada risiko persalinan prematur dianjurkan untuk minum jumlah berlebihan air sepanjang hari. Dan, jika rumah sakit karena kontraksi, hidrasi dengan bolus cairan IV sering efektif untuk rahim "tenang" tersebut.

Sekresi ADH juga dirangsang oleh nyeri, tekanan darah rendah dan obat-obatan seperti nikotin, morfin dan barbiturat. Dalam situasi trauma, banyak ADH dilepaskan, untuk melawan kehilangan darah. Hasilnya adalah penyempitan otot polos pembuluh darah, dalam rangka untuk meningkatkan tekanan darah arteri. (Akibatnya, dari efek "pressor", ADH kadang-kadang disebut sebagai vasopresin.) Sangat sedikit darah semakin ke bayi melalui pembuluh darah menyempit.








1 komentar:

  1. sangat bermanfaat^^ ijin copas boleh yah kak, buat referensi belajar. terimakasih

    BalasHapus